• Home
  • Rohul
  • DPMPD Rohul Apresiasi Kinerja Pengurus BUMDesa Tebih Mandiri

DPMPD Rohul Apresiasi Kinerja Pengurus BUMDesa Tebih Mandiri

Kamis, 18 Januari 2018 16:57:00
BAGIKAN:
foto:mcr

Revolusi.co.id, ROKAN HULU-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Rokan Hulu mengapresiasi pengurus BUMDes Tebih Mandiri, Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu. BUMdes tersebut dinilai, mampu mengelola bidang usaha mikro dan simpan pinjam dengan zero tunggakan.

Disampaikan Plt Kepala DPMPD Rohul, Ir Jufri melalui Kabid Pemberdayaan Desa, Adiyanto menerangkan, dari 153 BUMDes yang tersebar di wilayah Rohul, total SHU yang dihasilkan sebesar 8,6 milyar, dengan hasil rata-rata sebesar 56 juta.

"Kalau SHU Tebih Mandiri ini sebesar 71juta, itu sudah diatas rata-rata. Kedepan ini harus dapat ditingkatkan, sehingga bisa menunjang PADes dan perekonomian masyarakat,"  kata Plt Kepala DPMPD Rohul, Ir Jufri melalui Kabid Pemberdayaan Desa, Adiyanto saat acara Musyawarah Pertanggungjawaban (MPTB) BUMDes Tebih Mandiri tahun buku 2017 di aula kantor desa setempat, Kamis (18/1/2018).

Dirinya meminta partisifasi masyarakat agar mau menabung di BUMDes, selain dapat menunjang modal usaha BUMDes, juga dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PADes). Ia juga minta, agar prioritas penggunaan dana desa dapat mensuport BUMDes, sehingga bisa mengembangkan usaha selain simpan pinjam.

"Untuk mewujudkannya, perlu dukungan masyarakat. Kami sekaligus menggugah masyarakat agar menyimpan uang di desa, karena yang dapat untung juga masyarakat," pintanya.

Senada disampaikan, Camat Ujung Batu, Fisman Hendri SHut melalui Kasi PMD, Irvandri MIP MSi dalam sambutannya meminta kepada pembina BUMdes agat membuat terobosan dengan pengembangan bidang usaha.

"Usaha rental mobil juga bisa dikelola BUMDes, intinya usaha BUMdes bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala Desa Pematang Tebih, Selamat mengucapkan terima kasih kepada anggota BUMDes, yang telah melaksanakan pembayaran pinjaman tepat waktu, sehingga BUMDes Tebih Mandiri masuk kategori BUMdes yang sehat.

"Laba yang diperoleh BUMDes Tebih Mandiri sebesar 71juta, sebagian kita bagikan kembali kepada nasabah terbaik, kebutuhan sarana umum dan masyarakat kurang mampu," kata Selamat.

Dalam pada itu Direktur BUMDes Tebih Mandiri, Zamzarida menyampaikan perkembangan dana yang digulirkan kepada masyarakat. Dari dana awal sebesar Rp405.000.000, dengan jumlah nasabah 555 orang, hingga Desember 2017 lalu, perkembangan dana BUMdes mencapai Rp888.026.000.

Ia mengaku, masih banyak masyarakat yang membutuhkan modal usaha, dikarenakan keterbatasan dana yang ada. "Masih ada 30 orang warga masuk daftar tunggu. Sebab, kami masih membutuhkan tambahan modal 500 juta, agar bisa membutuhi pinjaman warga," pungkasnya.

sumber:mediacenter.riau.go.id

BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR