• Home
  • Rohul
  • Antisifasi Calo, Ketersediaan Stok Blangko KTP Elektronik Diumumkan

Antisifasi Calo, Ketersediaan Stok Blangko KTP Elektronik Diumumkan

Kamis, 11 Januari 2018 17:40:00
BAGIKAN:
foto:mrc
Kepala Disdukcapil Rohul H Saipul Bahri SSos MSi
Revolusi.co.id,ROKAN HULU-Pihak Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya mengantisifasi pengurusan KTP Elektronik (KTP-El) lewat calo. Salah satunya dengan mengumumkan ketersediaan blangko KTP El di depan bagian pelayanan.
 
Kepala Disdukcapil Rohul H Saipul Bahri SSos MSi kepada wartawan Kamis (11/1/2018) menyebutkan, diumumkannya setiap hari kondisi terakhir blangko fisik KTP-el dibagian pelayanan, agar masyarakat yang mengurus adminduk mengetahui kondisi setiap hari stok blangko fisik KTP-el yang ada di kantor Disdukcapil Rohul.
 
Selama ini, menurutnya, banyak ketidaktauan dari masyarakat seketika mereka mengurus Adminduk di Kantor Disdukcapil Rohul tentang ketersedian stok blangko fisik KTP-el.
 
"Diumumkannya ketersedian stok blangko fisik KTP-el di bagian pelayanan adminduk, selain bentuk transparansi, upaya kita ini salah satu bentuk mengantisipasi agar tidak dimanfaatkan oleh oknum calo dalam mengurus adminduk di Kantor Disdukcapil Rohul," ujar mantan Asisten II Setda Rohul itu.
 
Saipul menjelaskan, selama ini dengan tidak diumumkannya ketersedian stok blanko fisik KTP-el bisa dimamfaatkan oleh oknum calo dalam mengurus adminduk di kantornya. Dengan dalih blangko fisik KTP-el habis, sehingga dapat dijadikan momen bagi oknum calo dalam mencari keuntungan dalam pengurusan adminduk.
 
Mantan Staf Ahli Bupati Rohul itu mengaku, stok fisik blangko KTP-el hingga siang ini (Rabu. Red) sebanyak 12.856 keping. Kebutuhan blangko KTP-el ini di prioritaskan untuk mencetak fisik KTP-el bagi masyarakat yang telah melakukan perekaman, dan datanya telah ditunggalkan atau print ready record (PPR) oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.
 
"Stok fisik Blangko KTP-el yang tersedia sekarang ini, diprioritaskan untuk data yang telah PPR. Saat ini jumlah data PPR atau yang telah melakukan perekaman dan datanya telah tunggal sebanyak 8.257 orang. Dalam artian untuk pencetakan fisik KTP-el khususnya datanya PPR, stok blangko mencukupi," sebutnya.
 
Mantan Camat Ujungbatu itu menjelaskan, saat ini masyarakat yang telah melakukan perekaman KTP-el dan datanya saat ini masih dalam proses penunggalan oleh Kemendagri Republik Indonesia sekitar 62.548 orang.
 
Diakuinya, setiap hari Kemendagri RI melakukan proses penunggalan data, namun berapa jumlah data yang telah ditunggalkan itu tidak bisa dipastikan.
 
Saipul menambahkan, terus berupaya meningkatkan pelayanan adminduk di Kantor Disdukcapil Rohul. Ia menghimbau masyarakat yang mengurus adminduk tidak menggunakan jasa calo, tetapi langsung datang mengurus langsung ke Kantor Disdukcapil dan UPTD Kecamatan se Rohul.(mrcl)
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR