• Home
  • Ekonomi
  • Pemerintah Susun Program Pemerataan Ekonomi 2018

Pemerintah Susun Program Pemerataan Ekonomi 2018

Jumat, 17 Maret 2017 06:29:00
BAGIKAN:

REVOLUSI.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah mulai membahas program-program yang akan dijalankan pada tahun depan terkait ekonomi pemerataan. Program tersebut akan dimasukkan ke dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2018.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, fokus pemerintah dalam melakukan pemerataan ekonomi adalah reforma agraria, pangan, dan perkebunan. Kemudian mengenai pendidikan serta pelatihan vokasi.

Selain itu, tambah Darmin, ada juga mengenai industri retail. "Kalau retail itu akan ada aturan supaya perkembangan industri retail tidak terlalu banyak menghilangkan kesempatan bekerja dari pedagang kecil atau industri kecil," kata Darmin di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (16/3).

Darmin menambahkan, prioritas pemerintah menyasar hal-hal di atas lantaran urusan soal lahan, pangan, dan pendidikan vokasi memberikan imbas cukup besar dalam pemerataan ekonomi. Nantinya, pemerataan tak hanya diberikan dalam bentuk subsidi, namun juga melalui program-program penunjang yang menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menambahkan, upaya pemerataan ekonomi nanti juga akan memberikan insentif bagi nelayan dan petani.

"Itu yang akan jadi fokus di kebijakan pemerataan. Salah satunya realokasi kepemilikan lahan dan sertifikasi," ujar dia.***
 

BAGIKAN:
KOMENTAR