• Home
  • Meranti
  • Festival Perang Air Selatpanjang Menjadi Daya Tarik Wisatawan Mancanegara

Festival Perang Air Selatpanjang Menjadi Daya Tarik Wisatawan Mancanegara

Minggu, 26 Januari 2020 11:28:00
BAGIKAN:
ANTARA FOTO
ARSIP FOTO - Serunya Festival Perang Air di Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.
Pekanbaru, revolusi.co.id - Festival Perang Air di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, menjadi daya tarik bagi wisatawan mencanegara dari Thailand dan Malaysia untuk mengunjungi Provinsi Riau pada perayaan Imlek tahun 2020.
 
"Rombongan wisatawan mancanegara dari Thailand dan Malaysia itu tiba di Bandara SSK II Pekanbaru pada Sabtu (25/1) kemarin," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Riau, Raja Yoserizal di Pekanbaru, Minggu.
 
Perang Air merupakan tradisi masyarakat di Selatpanjang, terutama warga keturunan Tionghoa, setiap perayaan tahun baru Imlek. Tradisi yang juga disebut "Cian Cui" ini yakniwarga saling menyiram air pada sore hari di waktu yang ditentukan, dan berlangsung sepekan sejak Imlek.
 
Pemerintah daerah mengemas tradisi ini menjadi Festival Perang Air sebagai destinasi wisata budaya, dan tiap tahun menyedot puluhan ribu wisatawan. Setiap perayaan Imlek juga menjadi ajang silaturahmi, karena warga Selatpanjang yang merantau hingga ke luar negeri, pulang ke kampung halamannya.
 
Yoserizal mengatakan di antara wisatawan mancanegara yang datang juga ada rombongan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) Thailand dan Malaysia yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 2019.
 
"Mereka datang demi membantu promosi dan marketing pariwisata di Riau," katanya.
 
Selain itu, katanya, ada juga tamu yang tiba dari Jakarta yakni Miss Tourism Internasional 2018-2019, Astari Indah Vernideani dan Miss Cosmo World 2018, Delvia Wirajaya. Kedatangan para duta pariwisata ini akan mengunjungi destinasi wisata di Riau.
 
"Sebelum mengikuti kegiatan Perang Air rombongan akan mengunjungi Pekanbaru Heritage Walk, kemudian menuju Kabupaten Bengkalis guna melihat atraksi tari Zapin, rumah tenun dan Pantai Selat Baru," katanya.
 
Selain menikmati perang air, lanjutnya, rombongan tersebut juga akan mengunjungi hutan mangrove di Desa Bokor Kepulauan Meranti.
 
Ia mengatakan pada Festival Perang Air tahun 2020, Dinas Pariwisata Riau memberikan dukungan untuk meramaikan acara dengan menghadirkan artis Indonesian Idol, Ihsan Tarore. Pada Senin malam, tanggal 27 Januari, Ihsan akan tampil di Taman Cik Puan, Selat Panjang.
 
Selain dimeriahkan oleh artis nasional, pada Festival Perang Air 2020 juga menggelar berbagai kegiatan lainyna yakni, Meranti Night Carnival, Seni Pertunjukan, Bazar dan Pemeran yang menyajikan potensi, kebudayaan dan kuliner khas Kepulauan Meranti, demikianRaja Yoserizal.(antara.com)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Data Desa Sulit Didapat, Bantuan Perumahan Tersendat

    Selatpanjang, Revolusi.co.id-  Sulitnya mendapatkan data terbaru dari tiap desa menjadi kendala tersendiri bagi Dinas P
  • Sepakat Bebas Korupsi, Seluruh Pejabat di Kepulauan Meranti Tandatangani Pakta Integritas

    Revolusi.co.id, SELATPANJANG - Seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti menandatangani pakta integritas. Komitmen itu ditekankan kepada pejabat

  • Meranti Dapat Bantuan Motor Pengangkut Sampah, Lampu dan Sel PLTS

    Revolusi.co.id-Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat bantuan motor bak pengangkut sampah, lampu hemat energi dan 480 unit Sel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari APB