• Home
  • Hukrim
  • Jadi Calo CPNS, Dua IRT di Dumai Ditangkap

Jadi Calo CPNS, Dua IRT di Dumai Ditangkap

Selasa, 11 April 2017 10:24:00
BAGIKAN:
Kapolres Dumai AKBP Donal Happy Ginting
REVOLUSI.CO.ID, DUMAI - Usai menerima laporan dari korban, dua IRT di Dumai diciduk polisi. Keduanya diduga melakukan penipuan terhadap puluhan calon CPNS. Dalam serangkaian aksinya itu, para tersangka meraup rupiah hingga 8,3 miliar.
 
Data dirangkum di Mapolres Dumai, Senin (10/4), kedua IRT itu inisial SH (34) dan HL (51). Aksi mereka terungkap setelah satu korban yakni Indri Vidwi Ningrum melaporkan keduanya. Sebab Indri tidak kunjung diangkat menjadi CPNS. 
 
Padahal korban sudah berkali-kali menanyai kepastian untuk menjadi CPNS kepada dua pelaku. Awalnya korban bersama rekannya mendatangi rumah pelaku pada 2 Mei 2016 silam. Saat itu korban menanyai perihal penerimaan CPNS. Pelaku malah menyanggupi akan membantu korban untuk jasi  CPNS di Kementrian Perhubungan lewat program jalur khusus. 
 
Para tersangka berjanji bakal menempatkan korban di KSOP Dumai. Namun syaratnya korban mesti menyetorkan uang bernilai Rp200 juta. Setelah itu korban mentransfer uang sebesar tersebut ke rekening Bank Mandiri milik Helen Nora. 
 
Kapolres Dumai AKBP Donal Happy Ginting, menyebut dua tersangka sudah ditangkap. Setelah dilakukan penyidikan dari sejumlah saksi ternyata banyak korban yang mendaftarkan diri kepada pelaku.
 
"Jumlah korbannya ada puluhan orang sudah mendaftar. Diperkirakan kedua tersangka menerima uang dari para peserta CPNS jalur khusus ini mencapai Rp8,3 miliar," tegas Donal.
 
Lanjut Kapolres, selain menangkap tersangka, polisi juga menyita dua kwitansi bukti pembayaran. Tiga pasang baju PDG Dirjen Perhubungan Laut dan bukti transfer uang korban kepada tersangka.
 
"Menyikapi hal ini, kita imbau kepada masyarakat untuk waspada dengan aksi penipuan ini. Jangan mudah terpengaruh dengan janji-janji muluk tersebut," ingatnya.(toriau.com)
BAGIKAN:
KOMENTAR