• Home
  • Dumai
  • Mayarakat Kota Dumai Mengeluh Banyak Lampu Penerangan Jalan Mati

Mayarakat Kota Dumai Mengeluh Banyak Lampu Penerangan Jalan Mati

Minggu, 02 Februari 2020 20:06:00
BAGIKAN:
net
Ilustrasi

DUMAI, Revolusi.co.id - Akhir-akhir ini banyak lampu penerangan jalan (LPJU) mati dan tidak berfungsi, sehingga tidak menyala pada malam harinya. Hal ini membuat masyarakat Kota Dumai banyak yang mengeluh,

Padahal, dengan adanya lampu penerangan jalan terutama di kawasan permukiman penduduk besar manfaatnya terhadap masyarakat, yakni permukiman penduduk terasa terang pada malam harinya.

Seiring banyaknya LPJU yang mati, ternyata pajak penerangan jalan (PPJ) di Kota Dumai angkanya cukup besar yakni mencapai Rp22 miliar per tahun. Beberapa LPJU yang padam seperti di Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Datuk Laksamana.

Kepala Dispenda Marjoko Santoso


Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Marjoko Santoso mengatakan, jumlah PPJ yang diterima oleh pemerintah dari PLN setiap tahunnya mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah pelanggan listrik setiap tahunnya.

"Untuk 2019 capaian PPJ mencapai Rp22 miliar per tahun melebihi target yang ditetapkan Rp21 miliar. Untuk 2020 target PPJ sebesar Rp25 miliar," tuturnya.

Lanjut ujar Marjoko, potensi PPJ ini sangat luar biasa bagi PAD Kota Dumai, pasalnya setiap pelanggan listrik memang sudah dikenakan tarif pemotongan sekitar 5 persen dari biaya listrik yang harus dibayarkan.

PPJ sendiri adalah pajak yang dibebankan untuk pemanfaatan energi yang bersumber dari listrik (PLN) atau energi sendiri.

"Tidak hanya dibebankan untuk rumah tangga ditambah keberadaan perusahaan industri yang cukup banyak di Dumai, yang mana mereka dikenakan PPJ lebih tinggi dari rumah tangga," terangnya.

Marjoko mengatakan ke depannya ada  rencana tarif PPJ akan dinaikkan sekitar 10 persen, terkecuali untuk warga kurang mampu tetap 5 Persen.

Terkait masih kurang maksimalnya penerangan jalan umum Marjoko enggan menjawab, dengan alasan wewenang itu ada di dinas terkait yang lebih berkompeten untuk menjawab.

"Saya menyarankan agar konsep penerapan PJU diubah sehingga masyarakat bisa menikmati PJU setiap sudut kota hingga pelosok dengan sempurna. Sebab banyak PJU yang padam saat ini," tuturnya.

Sementara itu, Kadis Perumahan Pemukiman Masyarakat Kota Dumai Zulkarnain saat dihubungi selulernya tidak aktif (dpc/ahm)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Walikota Zulkifli AS Berharap Semoga Semakin Menyebarkan Kebaikan Literasi di Kota Dumai

    DUMAI, Revolusi.co.id  – Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan Seminar Literisasi Perpustakaan Kota Du
  • Staf Ahli Setdako Dumai Resmikan Sonaview Hotel

    DUMAI, RIAUGREEN.COM  – Walikota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Stah Ahli H. Fauzi Efrizal, S.Sos, M.Si hadir sekaligus meresmikan Sonaview Hotel. Kamis (20/02/

  • Pelindo I Cabang Dumai Gelar Aksi Donor Darah

    DUMAI, Revolusi.co.id - PT Pelindo I (Persero) Cabang Dumai menggelar aksi donor darah, Rabu (19/02/2020) pagi di Kantor Pelindo I Cabang Dumai Jalan Sultan

  • Memasuki Bulan K3 Nasional Tahun 2020,PT SDS Gelar Donor Darah

    Dumai, Revolusi.co.id– PT Sari Dumai Sejati (Apical) yang berlokasi di Dumai, Riau, mendukung pelaksanaan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 20

  • KOMENTAR