• Home
  • Daerah
  • OK Nizami Jamil Terima Satylancana Kebudayaan dari Presiden

OK Nizami Jamil Terima Satylancana Kebudayaan dari Presiden

Kamis, 27 Juli 2017 15:28:00
BAGIKAN:
H.OK. Nizami Jamil (kiri)
REVOLUSI.CO.ID, PEKANBARU - Budayawan OK Nizami Jamil, bersama seniman dan budayawan lain di tanah air akan menerima gelar dan tanda kehormatan di bidang kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia. 
 
Selain OK Nizami Jamil yang akan menerima Satyalancana Kebudayaan, penyair muda asal Riau Muhammad De Putra juga akan menerima anugerahkebudayaan kategori Anak Remaja dari Presiden Jokowi.
 
“Sebetulnya ada seorang lagi seniman kelahiran Pekanbaru yang menerima anugerah dan maestro seni kategori pencipta, pelopor dan pembaru adalah Hafiz Rancajale," kata Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Yoserizal Zein, Kamis (27/7/17).
 
Menurut Yoserizal, alumnus IKJ yang saat beberapa waktu lalu sebagai kurator pada iven pameran seni media tingkat nasional di Pekanbaru ini mendapat anugerah atas jasanya sebagai pelopor, pembaru seni rupa kontemporer, film dan video. Hanya saja Hafiz saat ini berdomisili di Jakarta, sehingga dia menerima atas nama DKI Jakarta.
 
Yoserizal yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Riau (DKR) itu, penyerahan gelar dan tanda kehormatan dari presiden akan dilakukan tanggal 29 September 2017 di Jakarta.
 
Berdasarkan informasi yang diterima dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, anugerah akan diberikan dalam enam kategori yakni, Kategori Bintang Budaya Parama Dharma, Satylancana Kebudayaan dan Anugerah Kebudayaan Kategori Pencipta, Pelopor, Pembaru, Kategori Pelestari, Kategori Anak Remaja serta Kategori Maestro Seni Tradisi.
 
Bersama OK Nizami Jamil, juga akan menerima Satyalancana Kebudayaan aktor Anjas Asmara (DKI Jakarta), Filolog Teuku Iskandar (Naggroe Aceh Darussalam), Seniman Kerawitan Sumarsam (Jawa Tengah), Budayawan La Side Daeng Tapala (Sulawesi Selatan), Seniman Anak Agung Gde Sobrat (Bali), Budayawan Johanna Maria Pattinaja Seda (DKI Jakarta) dan Seniman Tari Syofyani Yusaf (Sumatera Barat).
 
OK Nizami Jamil, seperti diketahui adalah budayawan Melayu yang tunak menggeluti dunia seni budaya. Selain sebagai pencipta Tari Persembahan dan penggiat beberapa organisasi sosial kemasyarakatan, OK Nizami pendiri Yayasan Warisan Budaya Melayu dan telah menulis beberapa buku sejarah khususya tentang Kerajaan Siak.
 
Sementara itu penyair Muhammad De Putra, merupakan pelajar SMA 1 Pekanbaru yang telah banyak mengukir prestasi di bidang sastra. Pemenang berbagai lomba seperti Pemanang I Lomba Cipta Seni Pelajar 2016 tingkat nasional dan Juara III Lomba Menulis Cerpen Arki (anak remaja kreatif Indonesia 2016) ini, akan menerima anugerah bersama Dalang Cilik, Woro Mustiko Siwi (Jawa Tengah).
 
Gubernur Riau, H Arsyadjulian Rachman kepada wartawan mengaku salut atas prestasi yang diraih anak jati Riau, apalagi Muhammad De Putra merupakan penyair yang baru saja menginjakkan kakinya di jenjang pendidikan SMA.
 
“Kita berharap dengan adanya penghargaan kebudayaan ini, semakin banyak masyarakat Indonesia khususnya generasi muda yang termotivasi untuk melestarikan, menjaga, melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan Melayu. Apalalagi Riau memang terkenal dengan banyaknya sastrawan,” ujar Gubernur yang akrab disapa Andi Rachman ini.***
BAGIKAN:
KOMENTAR