• Home
  • Lifestyle
  • Biar Aman, Konsumsi Daging Sehari Jangan Lebih dari 150 Gram

Biar Aman, Konsumsi Daging Sehari Jangan Lebih dari 150 Gram

Minggu, 03 September 2017 13:02:00
BAGIKAN:
 
REVOLUSI.CO.ID, - SELEPAS Idul Adha, biasanya masih banyak masyarakat yang memiliki daging hasil pembagian daging kurban dan mengolahnya untuk lauk makan keluarga.Tak sedikit yang membuat sate kambing, gulai, sop bahkan semur.
 
Namun terkadang, bagi kalangan diusia lanjut, makan daging kerap menjadi salah satu tantangan dalam menjaga keseimbangan kolestrol dalam tubuh.
 
Namun menurut  Ketua Program Studi Gizi UHAMKA Leni Sri Rahayu MPH  masyarakat tidak perlu takut mengkonsumsi daging karena takut kolesterol naik, karena ada sejumlah solusi untuk mengatasinya.
 
Kata Leni,  untuk menghindari konsumsi kolesterol yang berlebih ada beberapa cara yang mungkin bisa menjadi pilihan.
 
“Diantaranya tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Jadi rata-rata kebutuhan protein hewani kita, untuk dewasa itu sekitar tiga porsi atau sekitar 150 gram daging per hari,” tutur Leni seperti dilansir  Netralnews.com.
 
Bagi  masyarakat yang memiliki kecenderungan tinggi kolesterol, sebaiknya menghindari bagian tubuh hewan yg mengandung tinggi kolesterol, diantaranya otak, gajih atau lemak dan jeroan seperti usus, hati dan lainnya. Setelah itu dianjurkan pula untuk memperbanyak konsumsi buah atau sayur.
 
Selain itu, pilih juga teknik pengolahan yang tidak menggunakan tambahan sumber lemak lain, misalnya hindari pengolahan yang menggunakan minyak atau santan.
 
“Diolah dibuat sup, dengan campurkan sayuran akan lebih baik. Atau kalau dibuat sate, dampingi menu tersebut dengan menu sayuran,” pesan Leni.( * )
 
 
 
 
 
 
Poskota
BAGIKAN:
KOMENTAR